Managemen Waktu Kerja Karyawan Dengan Time Attendance System

Pengelolaan waktu memiliki fungsi yang sangat vital pada sebuah perusahaan. Sebab, perusahaan berlomba untuk mendapatkan pasar sebanyak mungkin dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Dari dulu hingga sekarang perusahaan – perusahaan terlepas dari disadari atau tidak telah menerapkan apa yang disebut dengan time attendance system. Yakni sebuah sistem managemen waktu yang berlaku di perusahaan tersebut. Dulu proses manajemen waktu tersebut dilakukan dengan cara manual. Yakni bisa dengan metode pencatatan kehadiran, jika jumlah karyawan tidak terlalu besar, bisa juga dengan menggunakan mesin absensi manual yang banyak ditemukan waktu itu.

Perubahan Teknologi
Pada masa kini, dengan penerapan teknologi yang baru, manajemen waktu tersebut mengalami perubahan. Sebab kini sudah diproduksi mesin fingerprint secara masal. Mesin ini memiliki fungsi yang sama yakni mencatat jam masuk dan jam keluar karyawan dari kantor. Pada perkembangannya sistem ini juga bisa digunakan untuk mencatat kehadiran peserta rapat. Terutama, jika peserta tersebut mendapatkan fee untuk menghadiri rapat. Sehingga, perusahaan bisa mengontrol peserta mana yang akan mendapatkan fee dan mana yang tidak, atau mana yang hanya mengikuti sebagian.

Sehingga, kemungkinan perusahaan untuk kecolongan data menjadi semakin kecil, sebab semua data tersimpan secara rapih, aman, pada tempatnya, dan hanya bisa diakses oleh sebagian orang yang bertanggung jawab terhadap data tersebut. Walaupun jika tercium adanya indikasi kecurangan, perusahaan bisa langsung menunjukkan jari kepada orang yang bertanggung jawab terhadap hal tersebut. Selain itu, perubahan teknologi pada mesin ini juga memberikan kemudahan kepada karyawan untuk melakukan absensi walaupun karyawan tersebut tidak berada dikantor. Misalkan yang bersangkutan harus pergi ke cabang yang ada di daerah, dan pada cabang tersebut juga sudah memiliki mesin absensi, maka sang karyawan ketika sampai di daerah tujuan, tinggal melakukan absensi seperti biasa.

Data absennya tetap sama seperti absen yang dilakukan di kantor pusat. Hal ini mungkin dilakukan karena mesin absensi sidik jari memiliki kemampuan untuk terhubung melalui jaringan. Sehingga, selama masih terkoneksi, maka karyawan dapat melakukan absensi. Keamanan terjamin, sebab sidik jari karyawan yang bersangkutan tidak bisa ditukar dengan sidik jari orang lain.
Advertisement
Share on :
Managemen Waktu Kerja Karyawan Dengan Time Attendance System
Managemen Waktu Kerja Karyawan Dengan Time Attendance System
Reviewed by Unknown
Published :
Rating : 4.5

No comments:

Post a Comment